Rabu, 01 Januari 2014

Makalah MANFA’AT SHOLAT BAGI KESEHATAN


MAKALAH
MANFAAT SHOLAT BAGI KESEHATAN

                                 


disusun oleh :

 Nama : Hamzah Alfarisi




SMA NEGERI 2 REMBANG
Tahun Pelajaran 2011/2012


LEMBAR PERSETUJUAN

Makalah Manfaat Sholat bagi Kesehatan telah di periksa dan disetujui untuk di uji.







                                                        Rembang, 19 Februari 2012
Guru Pembimbing

SUNGATRI, S.pd
NIP : 19780827 2010 01 2 016




LEMBAR PENGESAHAN
Makalah ini telah di uji dan di setujui oleh Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Rembang pada hari ……………Tanggal ……………..tahun 2012





Disetujui oleh :


SUNGATRI, S.pd
NIP : 19780827 2010 01 2 016



MOTTO
·        Kemulyaan seseorang terletak pada agamanya, harga diri terletak pada akalnya, dan kehormatan terletak pada akhlaknya.
·        Kehidupan laksana air, jika mengalir, artinya menjadi jernih jika berhenti , baunya menjadi busuk.
·        Hidup hanya dapat dimengerti dengan menoleh ke belakang, tetapi harus dijalani melihat ke depan.
Kupersembahkan untuk:
·     Bapak dan Ibu termulia, yang selalu berdo’a untuk putra-putrinya
·     Guru-guruku tercinta yang selalu memberikan ilmu dengan penuh kasih dan berdo’a
·     Almamater dan segenap Siswa SMA N 2 Rembang


PRAKATA

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada penulis sehingga makalah, “Manfa’at Sholat bagi kesehatan” ini dapat diselesaikan.
Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi – materi yang ada. Materi – materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar mengenai Manfa’at Sholat bagi kesehatan khususnya. Serta siswa juga dapat memahami gerakan-gerakan sholat yang sangat bermanfa’at bagi kesehatan. Mudah-mudahan dengan mempelajari makalah ini, para siswa akan mampu memahami gerakan-gerakan sholat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.



Rembang, 19 Februari 2012
Penulis,

          
Hamzah Al-farisi






ABSTRAKSI
Hamzah Alfarisi, 2012         : Manfa’at Sholat bagi Kesehatan
Pembimbing                        : Sungatri, S.pd
Kata Kunci                           : Manfa’at Sholat
            Makalah termasuk salah satu jenis karya tulis yang berisi tentang berbagai informasi. Berdasarkan dengan hal tesebut diatas merupakan salah salah satu sebab yang menimbulkan keinginan penulis untuk menulis makalah manfa’at holat bagi kesehatan.
            Pada ajaran Agama Islam di ajarkan untuk melakukan sholat, yang belum di sadari bahwsannya sholat juga merupaka olahraga tapi kalau sholat di niati olahraga tidak sah sholatnya. Didalam gerakan sholat semua mempunyai manfa’at bagi kesehatan. Terutama ketika seseorang melakukan sujud oksigen di otak akan terpenuhi dan itu sangat di butuhkan oleh otak. Ketika otak tidak di aliri oksigen oleh darah dalam tiga menit saja sudah sangat berbahaya bagi kesehatan.
            Sholat subuh di lakukan di pagi hari ada manfaat yang sangat baik bagi kesehatan yaitu pencegahan gangguan kardiovaskuler.



Rembang, 19 Februari 2012
Penulis,

Hamzah Al-farisi


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL……………………………………….....................i
HALAMAN JUDUL…………………………………………....................ii
HALAMAN PERSETUJUAN…………………………………................ iii
HALAMANPENGESAHAN…………………………………..................iv
HALAMAN MOTTO……………………………………………………...v
HALAMAN PERSEMBAHAN…………………………………………..vi
PRAKATA………………………………………………………………...vii
ABSTRAKSI………………………………………………………………  viii
DAFTAR ISI………………………………………………………………ix
DAFTAR GAMBAR……………………………………………………... x
BAB I : PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang………………………........……………………………1
1.2  Rumusan Masalah……………………………………………………...1
1.3  Batasan Masalah…………………………………………………....….1
1.4  Tujuan Penelitian…………………………………………………….…2
1.5  Metodologi Penelitian………………………………………………….2
BAB II : ISI
2.1. Macam-macam gerakan sholat yang bermanfaat………………………3
2.2. Rahasia Sholat Subuh………………………………………………….5
BAB III : PENUTUP
3.1 Simpulan………………………………………………………………..8
3.2 Saran..................................................………………………………..8
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………….  9
LAMPIRAN……………………………………………………………….10

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sholat dalam agama islam ada yang di wajibkan, di sunnahkan, di makruhkan bahkan ada yang di haramkan karena sebab-sebab tertentu.
Sholat 5 waktu merupakan sebuah kewajiban bagi umat islam yang telah baligh bahkan belum balighpun di anjurkan untuk mengerjakan sholat 5 waktu yaitu sholat dhuhur, ‘asar, maghrib, ‘isya’ dan subuh yang kesemuanya itu terdapat rakaat-rakaat yang berbeda tetap ada yang sama yaitu sholat dhuhur, asar dan isya’. Di dalam sholat terdapat manfaat yang besar bagi kesehatan  ketika melakukan gerakan-gerakan sholat.
1.2  Rumusan Masalah
Masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah dari segi manfaat  melakukan sholat itu sendiri dalam kesehatan tubuh dan rahasia yang terkandung dalam sholat subuh untuk kesehatan .
1.3  Batasan Masalah
Adapun masalah dalam penelitian ini Sholat di rumuskan sebagai berikut:
1.         Apa manfaat dari gerakan-gerakan sholat bagi kesehatan?
2.         Rahasia apa yang ada di dalam sholat subuh?
 1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian
Sesuai dengan rumusan yang tertera, maka makalah ini bertujuan:
1.      Untuk mengetahui gerakan-gerakan sholat dalam mengerjakan sholat.
2.      Untuk mengetahui rahasia sholat subuh di lakukan pagi hari.
1.5  Metodologi Penelitian

Setelah latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah dan manfaat penelitian tahapan berikutnya adalah Metodologi penelitian. Metodologi makalah ini menggunakan cara mengambil dari internet dan buku


BAB II
ISI
2.1. Macam-macam gerakan sholat yang bermanfaat
1.                       Sholat dengan berdiri
Wajibnya sholat adalah berdiri bagi yang mampu, ternyata berdiri pada waktu sholat mengandung hikmah yang luar biasa yaitu dapat melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi pikiran.
2.                       Takbiratul Ihram
Takbir dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan dilakukan ketika hendak rukuk dan bangkit dari rukuk. Pada saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, otomatis kita membuka dada, memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita sehingga keseimbangan tubuh terjaga.
3.                       Rukuk
Rukuk dilakukan dengan tenang dan optimal dapat merawatelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai saaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di punggung, pinggang, paha dan betis belakang. Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran saraf, memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan saraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata menatap ke tempat sujud.
4.                       I’tidal (Bangun dari Rukuk)
Saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga sistem saraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba.
5.                       Sujud
Apabila dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen menuju otak atau kepala, termasuk mata, telinga, leher, pundak dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membogkar sumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir.
6.                       Duduk antara Dua Sujud
Cara duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem kerja elektrik serta saraf keseimbangan tubuh kita. Selain itu, gerakan ini dapat menjaga kelenturan saraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Kelenturan saraf ini dapat mencegah penyakit prostat, diabetes, sulit buang air kecil dan hernia.
7.                       Duduk Tasyahud Awal
Pada saat duduk tasyahud awal, lipatan paha dan betis bertemu. Gerakan ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita.

8.                       Duduk Tasyahud AKhir
Gerakan ini lebih baik dari gerakan bersila. Berguna untuk membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri agar saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik sehingga konsentrasi akan meningkat dan terjaga.
9.                       Salam
Gerakan ini dapat menarik urat leher yang bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Pada leher terdapat banyak urat saraf yang sangat penting untuk dijaga, seperti urat saraf paru-paru dan jantung.
2.2. Rahasia Sholat Subuh
        Sholat subuh di laksanakan di antara fajar sidiq hingga munculnya matahari. Mengapa sholat subuh di lakukan pagi hari dari sisi mana manfaatnya? Di kemukakan data bahwa sholat subuh bermanfaat karea dapat mengurangi terjadinya kecenderungan teradinya gangguan kardiovaskuler. Pada studi MILIS, studi GISSI 2 dan studi-studi lain di luar negeri, yang di percaya sebagai suatu penelitian yang shohih maka di katakana puncak tejadinya serangan jantung sebagian besar di mulai pada jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Mengapa demikian? Karena pada saat itu sudah terjadi perubahan pada system tubuh di mana terjadi kenaikan tegangan saraf simpatif (istilah cina:yang) dan penurunan tegangan saraf parasimpatif(yin). Tegangan saraf simpatif yang meningkat akan menyebabkan kita siap tempur, tekanan darah akan meningkat denyut jantung lebih kuat dan sebagainya.
   Pada tegangan saraf simpatis yang meningkat maka terjadi penurunan tekanan darah, denyut jantung kurang kuat dan ritmenya melambat. Terjadi peningkatan aliran darah ke perut untuk menggiling makanan dan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga kita merasa mengantuk, pokoknya yang cenderung kepada keadaan istirahat.
   Pada peergantian waktu pagi buta (mulai pukul 3 dinihari) sampai siang itulah secara diam-diam tekanan darah berangsur naik, terjadinya peningkatan adrenalin yang berefek meningkatnya tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah (efek vasokontriksi) dan meningkatkan sifat agregrasi trombosit (sifat saling menempel satu sama lain pada sel tromosit agar darah membeku) walaupun kita tertidur. Hal ini terjadi pada semua manusia, setiap hari termasuk anda dan saya maupun bayi anda. Hal seperti ini di sebut sebagai ritme Circardian/ritme sehari-hari, yang secara kodrati di berikan oleh Tuhan kepada manusia. Kenapa begitu dan apa keuntungannya Tuhan yang berkuasa menerangkannya saat ini. Namun apa kaaitannya dengan keterangan ”asshalatu khairun minan naum”? (shalat subuh lebih baik dari pada tidur). Secara tidak langsung hal ini dapat di runut melalui melalui penelitian Furgot dan Zawadsky yang pada tahun 1980 dalam penelitiannya mengeluarkan sekelompok sel dinding arteri sebelah dalam pada pembuluh darah yang sedang di selidikinya (dikerok).
     Pembuluh darah yang normal yang tidak di buang sel-sel yang melapisi bagian dinding dalamnya akan melebar bila di tetesi zat kimia yaitu: Asetilkolin. Pada penelitian ini tejadi keanehan, dengan di keluarkannya sel-sel dari pembuluh darah itu, maka pembuluh tadi tidak melebar kalau di tetesi asitilkolin. Penemuan tentu saja menimbulkan kegemparan dalam dunia kedokteran. “jadi toh itu yang menentukan melebar atau menyempitnya pembuluh darah, sesuatu penemuan baru yang sudah sekian lama, sekian puluh tahun di teliti tapi tidak ketemu.”. Penelitian itu segera diikuti penelitian lain di seluruh dunia untuk mengetahui zat apa yang ada di dalam sel bagian dalam pembuluh mampu mengembangkan/melebarkan pembuluh itu. Dari sekian ribu penelitian maka zat tadi di temukan oleh Ignarro serta Murad dan di sebut NO/Nitrit oksida.
   Ketiga penelitian itu Furchgott dan Ignarro serta Murad mendapat NOBEL tahun 1998. Zat NO selalu di produksi, dalam keadaan istirahat tidurpun selalu di produksi , namun produksi dapat dapat di tingkatkan oleh obat golongan Nifedipin dan nitrat dan lain-lain tetapi juga dapat di tingkatkan dengan bergerak, dengan olahraga. Efek Nitrik oksida yang lain adalah mencegah kecenderungan membekunya darah dengan cara mengurangi sifar agregasi/sifat menempelnya satu sama lain dari trombosit pada darah kita. Jadi kalau kita bangun tidur pada pagi buta dan bergerak, maka hal itu akan memberikan pengaruh baik pada pencegahan gangguan kardiovaskuler.
     Naiknya kadar NO dalam darahkarena exercise yaitu wudhu dan shalat sunnah dan wajib, apalagi bila di serta berjalan ke masjid merupaka proteksi bagi pencegahan terjadinya kardiovaskular. Selain itu patut di catat bahwa pada posisi sujud dan rukuk tejadi proses mengejan, posisi ini meningkatkan tonus parasimpatis (yang melawan tonus simpatis). Dengan exercise tubuh memproduksi NO untuk melawan peningkatan kadar zat adrenalin di atas yang berefek menyempitkan pembuluh darah dan membuat sel trombosit darah kita bertambah liar dan inginnya rangkulan terus.






BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari tulisan yang telah penulis uraikan pada tulisan diatas dapat diambil beberapa kesimpulan, diantaranya shalat memberi manfaat yang luar biasa bagi  kesehatan tubuh kita pada setiap gerakan-gerakan shalat seperti sujud,rukuk, berdiri, I’tidal dan lain-lain.


3.2  Saran-saran
Adapun saran-saran yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan ini adalah :
1. Shalat dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada kesehatan, oleh karena itu kita shalat aslinya adalah kebutuhan kita sendiri. Maka jangan pernah tinggalkan sholat
2. Perbanyak kembali pengetahuan kita tentang manfaat sholat. Masih banyak lagi manfa’at-manfa’at sholat yang menguntungkan bagi kita.



DAFTAR PUSTAKA

http://ccc.1asphost.com/assalamquran/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar