Rabu, 24 Juni 2015

Pembuluh Darah Sang Perokok

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada tiga jenis utama dari pembuluh darah: arteri, yang membawa darah dari jantung; kapiler, yang memungkinkan pertukaran aktual air dan bahan kimia antara darah dan jaringan; dan pembuluh darah, yang membawa darah dari kapiler kembali ke jantung. Pembuluh darah tidak aktif terlibat dalam transportasi darah (mereka tidak memiliki cukup peristaltik), tetapi arteri dan vena-dapat mengatur diameter bagian dalam mereka dengan kontraksi lapisan otot. Hal ini akan mengubah aliran darah ke organ hilir, dan ditentukan oleh sistem saraf otonom. Vasodilatasi dan vasokonstriksi juga digunakan sebagai lawan metode termoregulasi. Hal yang dapat mengganngu system pembuluh darah salah satunya yaitu rokok (Ganong William F 1983)

1. Nikotin

Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok
Pengaruh bagi tubuh manusia :
·         menyebabkan kecanduan / ketergantungan
·         merusak jaringan otak
·         menyebabkan darah cepat membeku
·         mengeraskan dinding arteri

2. Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker
Pengaruh bagi tubuh manusia :
·         membunuh sel dalam saluran darah
·         Meningkatkan produksi lendir diparu-paru
·         Menyebabkan kanker paru-paru

3. Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.
Pengaruh bagi tubuh manusia :
·         mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
·         menghalangi transportasi dalam darah

4. Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia :
·         Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

5. Zat Iritan
·         Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
·         Menyebabkan batuk
Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam asap rokok, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).


Bahaya Merokok
1.    Penyakit paru
Risiko terkena pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis meningkat karena merokok. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Orang-orang berumur 40 tahun bisa mendapatkan emfisema atau bronkitis, tapi gejala biasanya akan*jauh lebih buruk di kemudian hari.

2.    Penyakit Jantung        
Rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyakit jantung. Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi. Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, semakin besar kesempatannya mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.

3.    Penyakit mulut
Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.

4.    Penyempitan pembuluh darah
Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat sangat fatal, mulai dari serangan jantung, stroke hingga kematian! Menurut Dr. M. Abbas, Sp.JP, kardiologis dari Omni Hospitals, penyumbatan pembuluh darah bisa mengakibatkan kekurangan pasokan aliran da­rah pada otot jantung. Dampaknya akan timbul rasa nyeri yang hebat pada area dada (Angina Pectoris)  dan berakhir pada kematian mendadak.
5.    Bronkitis
Bronkitis kronik didefinisikan sebagai suatu gangguan klinik yang berhubungan dengan pembentukan sputum selama paling sedikit 3 bulan dalam waktu 2 tahun berturut-turut.  Faktor patogenik yang paling sering adalah merokok (Mansjoer Arif et al 2001)
6.    Aneurisma
Aneurisma adalah suatu penonjolan (pelebaran, dilatasi) pada dinding suatu arteri. Aneurisma aorta abdominalis merupakan aneurisma yang terjadi pada bagian aorta yang terdapat di perut. Salah satu penyebab penyakit ini yaitu merokok karena berkontribusi untuk terjadinya arterosklerosis dan tekanan darah tinggi. Meroko juga dapat menyebabkan aneurisma lebih cepat membesar karena terjadi kerusakan lebih lanjut pada aorta.
7.    Ganguan kehamilan
Merokok bagi wanita hamil berpengaruh terhadap kehamilan dan janin yang di kandungnya. Nikotin yang terhisap dan masuk ke aliran darah dapat mengganggu kesuburan kandungan. Dan darah yang bercampur nikotin tersebut akan masuh ke janin. Ini sangat membahayakan sekali bagi janin, akibat yang bisa ditimbulkan adalah bayi lahir prematur.
Hasil sebuah studi baru menunjukkan bahwa wanita yang merokok selama kehamilan kemungkinan besar akan mempunyai anak dengan gangguan perilaku.
8.    Stroke 
Mungkin anda pernah mendengar ketika seorang perokok mengatakan bahwa rokok dapat membuatnya merasa rileks atau membuat mood si perokok itu kembali baik, mungkin itu karena nikotin dalam rokok hanya dalam waktu 10 detik bisa langsung mencapai otak dan menimbulkan sensasi sensasi tersebut terhadap perokok. Tapi perlu anda ketahuisebenarnya itulah yang bisa menyebabkan kita terkena penyakit stroke (Jakson Marilynn dan Lee Jackson 2012).


Daftar Pustaka
Jakson Marilynn dan Lee Jackson.2012. Seri Perawatan Praktis Keperawatan Klinis. Jakarta(ID): Erlangga.
Mansjoer,Arif et al.2001. Kapita Selekta Kedokteran.Edisi III Jilid 1.Jakarta: Media Aesculapcus
Ganong William F. 1983. Fisiologi Kedokteran Edisi 10. Jakarta(ID): EGC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar